Penyebab Lantai Keramik Terangkat dan Pecah

Penyebab Lantai Keramik Terangkat dan Pecah

Satu diantara masalah yang kerap kali dijumpai di lantai rumah yaitu keramik yang terangkat dan pecah.

Ada beragam asumsi di lingkungan masyarakat mengenai pemicu masalah ini dapat terjadi, dimulai dari suhu tanah sampai kualitas keramik yang dipakai.

Menyikapi hal itu, Dewan Pertimbangan Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI) menerangkan jika ini dapat disebabkan oleh tipe tanahnya.

"Jika berkaitan langsung dengan tanah (seperti keramik di lantai dasar), kembali lagi bagaimana jenisnya, bisa dikuasai disebabkan kandungan air juga," terang Davy.

Misalkan seperti tipe tanah lempung ekspansif yang berada di sekitaran Bekasi dan Cikarang. Jika kandungan air naik, Karena hal itu tanah akan mengembang dan memberikan dorongan ke lantai keramik.

Selainnya disebabkan tipe tanah, keramik terangkat dan pecah bisa juga karena proses pemadatan yang tidak bagus.

"Karena ada tanda-tanda penurunan di tengah-tengah, sehingga bagian atas keramik akan mendapat tekanan," tutur Davy.

Dan jika untuk di lantai atas, persoalan keramik terangkat dan pecah dapat karena pelat beton yang seiring waktu berjalan bertambah lendutannya. Proses ini dapat memberikan dorongan ke keramik terangkat ke atas.

"Beton itu memiliki fenomena yang disebutkan creep (rangkak) lantas ada shrinkage (penyusutan)," Davy kembali menerangkan.

Lalu, Bagaimana Jalan Keluar supaya Keramik Tidak Terangkat?

Untuk di lantai dasar dengan tipe tanah mengembang, upayakan supaya tidak ada air yang merembes ke lantai.

Namun, kamu harus membiasakan diri untuk membersikan lantai secara basah. Jika ini jadi solusi, seharusnya tidak boleh memakai kebanyakan air saat mengepel lantai.

Dan untuk di lantai tingkat, seharusnya tidak tergesa-gesa saat memasangkan keramik agar proses creep dan shrinkage telah beberapa berjalan.

"Lalu tiap modul tertentu, sela tidak boleh diisi semen atau grout. Tetapi dikasih sealant atau bahan compressible agar dapat menampung pergerakan," tutur Davy.

Adapun lantai keramik yang pecah dapat memasang kembali dengan keramik baru, tak perlu ribet memikirkan jalan keluar untuk mengubah material lantai.

Rifqi Fauzan Sholeh

Seorang penulis profesional adalah seorang amatir yang tidak berhenti. - Richard Bach

Post a Comment

Previous Post Next Post

Gadgets

Random